BAGI PARA SAHABAT YANG INGIN MENGAPLOAD FOTO-FOTO KARYA DAN YANG LAINYA BOLEH LANGSUNG KIRIM KE gedungf@gmail.com, MA ACIH YA...

Indonesian Art News.com

Grafis Huru Hara UNJ
oleh Angga Wijaya
Salah satu karya yang terpajang dalam pameran “Grafis Huru Hara”. (foto: angga wijaya)
INSITUT Francais Indonesia (IFI) Jakarta menyelenggarakan pameran dengan label judul: “Grafis Huru Hara”. Pameran ini menampilkan karya seni rupa yang berkaitan dengan teknik grafis (cetak). Karya yang dihadirkan meliputi: serigrafi atau yang lebih popular di masyarakat sebagai sablon, lalu woodcut (cukil kayu), stencil, drypoint dan intaglio. Para peserta pameran terdiri dari 19 seniman muda dari mahasiswa dan alumni seni rupa Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Selain lewat pendekatan teknik grafis yang dibuat, para seniman mengemas tampilan karya mereka dengan sangat beragam, kekinian, unik dan menarik. Misalnya seperti pada karya Angga Cipta yang menampilkan teknik sablon di atas tekstil dan menerapkannya sebagai korden (gordyn), dan pada karya ke dua emblem sablon ditransformasikan ke dalam t-shirt yang dapat ditukar-pasang. Sedangkan Safirul Islami mendisplai karya uang dengan teknik intaglio ke dalam sebuah koper yang berjudul “KUHP 244”. Lalu ada karya Rizky Ponga yang menyuguhkan barang jadi temuannya berupa pintu besi yang distencil “God Save Art Work” dan saat dibuka di dalamnya dibentuk sebuah dimensi ruang dengan teknik grafis cukil kayu. Wildigda Sunu menerapkan teknik grafis ke dalam bentuk 3 dimensi, yaitu enam Tank yang terbuat dari busa hati, dengan visual logo-logo tim sepakbola Indonesia.

Angga Anggur menerapkan teknik grafis stencil pada talenan yang digantungkan di ruang pamer, sedangkan ABSM menerapkan karya teknik stencil langsung pada tembok ruang pamer, ada pula Yansen menerapkan teknik stencil pada papan tulis (white board) dengan visual dua anak yang sedang bermain kelereng secara online. Dwi Penjol membuat topeng stencil yang dipajang secara relief dan series, Robo Wobo menerapkan teknik stencil di papan besi yang sudah berkarat dan Dado Wacky menggunakan teknik stencil di kertas.

Sedangkan Amy Zahrawan karyanya seakan mengacak-acak ruang pamer dengan menempelkan jejak-jejak kaki monyet, dan menampilkan visual monyet di bawah AC ruang pamer. Karya tersebut dibuat dengan menggunakan teknik grafis cukil kayu. Ada pula Adi Dhigel yang menerapkan karya grafis cukil kayu dengan teknik pewarnaan cukil reduksi, sementara Panji Jin membuat sebuah kubus yang dapat diintip, di dalamnya terdapat sebuah visual karya dengan menggunakan lampu. Arief Rachman menampilkan karya grafis dengan teknik media busa ati, Anita Bonit menghasilkan karya neon box dengan teknik sablon, Welly Baskoro menerapkan teknik sablon pada media kayu, sedangkan Atto membuat karya sablon pada media tekstil bermotif dengan judul “Capitalism” dan Juan Zaki menggunakan mix media sablon pada multiplek. Sedangkan Retno Tiawan menghasilkan karya grafis dry point yang dikemas dengan frame yang sangat unik.

Pameran ini dihelat antara tanggal 15 hingga 21 Febuari 2012. Selain menampilkan pameran karya seni, diadakan pula workshop seni grafis, sablon gratis dan bazart merchandise karya seni grafis.

Event ini merupakan sebuah kerja kolektif penggiat seni grafis di seni rupa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sebagai media penciptaan dalam berkarya. Dalam pameran tersebut para seniman mencoba membuka dan mencari pemakaian teknik grafis itu sendiri dalam perkembangan seni rupa kontemporer saat ini. Berbagai kreativitas yang ditampilkan tentu diperoleh dari kebebasan positif generasi muda dalam berkesenian sesuai dengan tema pameran “Grafis Huru Hara”. Ini sebuah pameran yang berkehendak untuk mengeksistensikan seni grafis sebagai teknik yang masih dan akan terus aktual dalam wilayah kreatif seni rupa. ***

Febuari 2012

Catatan: Reportase ini mengambil subyek peristiwa yang sama dengan berita (news) yang telah diunggah sebelumnya yang ditulis oleh Moch. Hasrul. Namun, redaksi Indonesia Art News merasa perlu untuk mengunggah tulisan dari Angga Wijaya ini untuk memberi pengayaan perspektif dan variasi liputan atas subyek peristiwa yang sama. Semoga pembaca berkenan. Terima kasih.
*) Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Tidak ada komentar: